Cara Cepat Selesaikan Tugas Final

Tugas akhir bagi mahasiswa tingkat final merupakan  peran wajib sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana, magister, atau pun doktor. Tugas ini biasanya mulai fokus dikerjakan  mahasiswa S1 pada semester 7 dan mahasiswa S2 semester 3. Pengerjaan tugas final ini diawali dengan pengajuan judul beserta rasionalisasi, studi pendahuluan, penyusunan anjuran, pembimbingan, serta seminar tawaran. Biasanya dikala seminar tawaran ini mahasiswa sudah diminta memberikan tawaran beserta instrumen penelitian, sehingga setelah seminar usulan bisa ditindaklanjuti dengan penelitian.
Kelancaran pembimbingan peran final dipengaruhi banyak faktor, antara lain kemauan mahasiswa,motivasi, kemampuan mahasiswa, komunikasi dengan pembimbing, dan beberapa faktor lainnya. Manajemen waktu mahasiswa juga menjadi faktor penentu kelancaran pembimbingan ini. Berikut ini beberapa tips atau cara cepat menuntaskan tugas final:
Pertama, Atur acara bimbingan dengan baik.
Jadwal bimbingan dosen sebaiknya diatur dengan baik semenjak awal, lebih baik buatlah schedule secara sistematis. Schedule ini mampu dimulai dari kapan mengajukan bab I, Bab II, bab III,instrumen, dan seterusnya. Schedule yang dibentuk sebaiknya terperinci memberikan agenda tersebut jatuh pada pekan ke berapa bulan apa. Dengan demikian kita akan lebih terarah agenda pembibingannya serta lebih terukur kemajuan yang diperoleh .
Kedua, Catat jadwal kosong dosen pembimbing.
Ada baiknya kita mencermati jadwal  dosen pembimbing, baik itu jadwal memperlihatkan kuliah maupun acara lainnya. Dengan mengetahui jadwal kosong dosen pembimbing kita akan lebih gampang mengatur waktu pembimbingan. Tentu saja akan lebih mudah jikalau kita menghubungi dosen melalui handphone sebelum bimbingan.
Ketiga, Terima saran dan masukan dosen dengan baik.
Setiap bab peran selesai yang kita susun tentu kita konsultasikan dengan dosen pembimbing. Dosen akan menunjukkan saran, masukan, atau arahan terkait apa yang kita susun. Simak dengan baik semua saran dan masukan dosen dengan baik. Catat kalau perlu point-point yang disampaikan atau minta kepada dosen semoga masukan yang diberikan dituliskan pada lembar peran kahir yang kita ajukan, sehingga terang apa-apa yang mesti kita revisi.
Keempat, Lengkapi buku referensi.
Buku acuan merupakan bab penting dalam penyelesaian tugas akhir. Buku refernsi bisa kita peroleh di perpustakaan maupun beli di toko buku. Kita juga bisa menerima banyak sekali rujukan mirip jurnal dan makalah di internet. Jika mengalami kesulitan dalam memperoleh referensi, kita pun semestinya tidak sungkan untuk bertanya kepada dosen pembimbing. Bisa jadi dosen pemimbing mempunyai acuan tersebut, atau lebih mengetahui di mana kita mampu mendapatkannya.

Kelima,  Sabar terhadap kritik
Ketika kita berhadapan dengan dosen pembimbing bisa jadi kita kan menerima kritikan atas pa yang kita olok-olokan. Bagi sebagian mahasiswa, hal ini bisa menjadi momok tersendiri yang kesannya menjadika malas untuk melanjutkan tugas final. Sebenarnya kritik dari dosen merupakan cambuk bagi kita semoga bisa berbuat lebih baik lagi, sehingga seharusnya tidak malah menyebabkan diri kita down atau malas menyelesaiakan peran simpulan.
Keenam, Ucapkan terima kasih.
Di setiap tamat pembimbingan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada dosen. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada dosen yang telah meluangkan waktu serta pikiran untuk memperlihatkan saran dan aba-aba kepada kita. Dengan demikian maka komunikasi kita dengan dosen selalu terjaga dengan baik.
Demikian beberapa tips  atau cara cepat menyelesaikan peran tamat. Anda mempunyai tips yang lainnya? Silahkan anda tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih!